Rabu, 15 April 2020

Bacaan Niat Qadha Puasa Ramadhan (Arab, Latin dan Terjemah)

Bacaan Niat Qadha Puasa Ramadhan (Arab, Latin dan Terjemah)


Pintardoa.com, Karena sebentar lagi (Selasa, 15 Mei 2018) kita selaku umat islam akan melakukan ibadah puasa wajib (Puasa Ramadhan), jadi pada kesempatan kali ini kami akan membagikan sebuah bacaan niat qadha puasa ramadhan untuk Anda semua supaya yang belum hafal lafadz bacaannya bisa segera menghafalnya. Dan seperti biasanya disini kami juga sudah menyiapkan bacaan arab, latin dan juga artinya supaya lebih mudah untuk dipahami.


Mungkin tidak sedikit dari kita yang pernah meninggalkan puasa ramadhan karena berbagai kendala seperti sakit dan lain sebaginnya, nah maka dari itu sebelum kita masuk ke bulan suci ramadhan hendaknya kita membayar hutang atau mengqadha puasa ramadhan terlebih dahulu karena dalam islam hal ini sangat diwajibkan.
Baca Juga: Bacaan Niat Puasa Senin Kamis

Ada 3 golongan orang yang diberi keringanan untuk mengqadha puasa ramadhan yaitu [1] orang yang sakit dan sakitnya memberatkan untuk puasa. Dimisalkan ini pula adalah wanita hamil dan menyusui apabila berat untuk puasa, [2] seorang musafir dan ketika bersafar sulit untuk berpuasa atau sulit melakukan amalan kebajikan, [3] wanita yang mendapati haidh dan nifas.

Dalil golongan pertama dan kedua terdapat dalam firman Allah Ta’ala,

mengqodho’ puasa ramadhan
Dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain.QS. Al Baqarah: 185

Dalil golongan ketiga “wanita yang mendapati haidh dan nifas” beliau mengatakan,

mengqodho’ puasa ramadhan
Kami dulu mengalami haidh. Kami diperintarkan untuk mengqodho puasa dan kami tidak diperintahkan untuk mengqodho’ shalat.
Niat Qadha Puasa Ramadhan

Setelah kita sedikit mengetahui tentang membayar hutang atau mengqodho puasa, sekarang kita langsung lanjut saja ke topik selanjutnya yaitu tentang lafadz niat qadha puasa ramadhan, berikut ini niatnya:

Bacaan Arab Niat Qadha Puasa
Bacaan Latin: NAWAITU SHOUMA GHODIN ‘AN QADAA’IN FARDHO ROMADHOONA LILLAHI TA’ALAA
Artinya: Aku niat puasa esok hari karena mengganti fardhu Ramadhan karena Allah Ta’ala

Oke diatas itu adalah bacaan niat qadha puasa dan juga dalil mengqadha puasa yang dapat kami bagikan pada hari ini, semoga bisa bermanfaat untuk Anda semua yang sedang melaksanakan qadha puasa ramadhan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar